PROFIL

selamat datang di SMP DARUL QURAN THE ISLAMIC BOARDING SCHOOL.

Profil SMP Darul Quran

Nama Sekolah : SMP Darul Quran The Islamic Boarding School

Status : Terakreditasi B

Alamat : Jalan Bancang Gg Kemuning No. 16 Kelurahan Wates 

Kecamatan : Magersari

Kabupaten : Kota Mojokerto

Propinsi : Jawa Timur

No Telp / Fax : (0321) 331007

Kode Pos : 61317

Tahun Berdiri : 2017


  1. SEJARAH SINGKAT

Perkembangan Pondok pesantren dewasa ini yang sangat pesat, dengan ditandai semakin banyaknya Pondok pesantren yang bermunculan disinergikan sistem Pondok pesantren dalam sistem pendidikan lainnya seperti model boarding school, yaitu memadukan antara sistem Pondok pesantren tradisional dengan sistem Pondok pesantren yang moderen, sehingga banyak ragam dan corak bentuk Pondok pesantren dan sekolah-sekolah model Pondok Pesantren. 

Meski model Pondok Pesantren yang identik dengan tradisionalnya sudah agak semakin pudar, ditambah semakin banyaknya Pondok Pesantren yang bernuansa moderen dan dikelola dengan sistem moderen akan tetapi harus diakui bahwa ada suatu icon kuat yang sudah mendarah daging sehingga Pondok Pesantren tetaplah sebuah lembaga yang mampu bertahan dengan tradisi meskipun tantangannya yang dihadapi di era globalisasi ini tidak sedikit. Perkembangan model Pondok pesantren yang demikian itu di Pondok Pesantren Darul Quran The Islamic Boarding School diterapkan.

Yayasan Darul Quran Mojokerto disahkan pada tanggal 6 Juni 2017 Akta Notaris:  Dr. Hadi Soetopo, SH., M.Kn., Nomor 58 Tahun 2016. Semenjak disahkan Yayasan Darul Quran Mojokerto maka SMP  Darul Quran The Islamic Boarding School  didirikan. Model SMP Darul Quran The Islamic Boarding School sebagai Sekolah formal yang melanjutkan tradisi Pondok pesantren, namun tetap dalam mengembangkan Pendidikan juga melakukan adopsi dan inovasi terhadap sistem pendidikan modern, ini dilakukan oleh Pengasuh dan pengurus tentu tidak lepas dari upaya agar Pondok pesantren ini tetap relevan dengan tuntutan masyarakat yang terus berkembang. Tetap berpegang pada kaidah “Al – Muhafadhoh ‘Alal Qodimi Sholeh wal Akhdzu bil Jadilil Ashloh”. SMP Darul Quran The Islamic Boarding School berupaya mewujudkan transformasi ke arah yang lebih baik.

SMP Darul Quran The Islamic Boarding School memadukan sistem Pondok pesantren dan pendidikan formal. Uniknya Pondok pesantren Darul Quran The Islamic Boarding School yang siswanya adalah perempuan semua atau yang dikenal dengan nama tarbiyatul banat ini, untuk pelaksanaan kurikulum Pondok pesantren dan kurikulum Pendidikan formal yaitu: di Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada waktu kegiatan proses pembelaran bisa dilakukan secara bersama-sama, artinya kurikulum Pondok pesantren yang dikenal dengan sistem pendidikan yang tradisional atau non formal itu dimasukkan juga menjadi bagian dari kurikulum pendidikan formal. 

Sistem pendidikan di pendidikan formal SMP Darul Quran The Islamic Boarding School yang dipakai adalah sistem pendidikan Pondok pesantren, yaitu para peserta didik wajib berstatus santri dan berasrama serta mengikuti pola pendidikan di Pondok pesantren tersebut. Komunikasi sehari-hari wajib menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Sistem manajemen yang diterapkan di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School, tetap mengacu pada sistem, bukan figur perorangan atau sentral pada Kyai selaku Pengasuh Pondok pesantren. Peran Kyai sebagai Pengasuh di Pondok pesantren Darul Quran The Islamic Boarding School adalah selain sebagai rujukan, memberi tausiyah, penasehat dan mengarahkan, menggerakkan. Kyai juga sebagai pimpinan yang bisa memberi motivasi. Kyai dalam mengambil keputusan tehnis selalu mengadakan halaqah untuk bermusyawarah, kecuali pada hal-hal yang bersifat situasional  darurat baru  Kyai berperan untuk  mengambil keputusan. Selama sistem masih bisa mengatasi maka segala sesuatunya berpedoman kepada sistem.

Melalui pembaharuan sistem manajemen yang mulai diterapkan di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School  tersebut maka seluruh Pengurus Yayasan Darul Quran telah berkomitmen untuk merubah tradisi kuat, yaitu biasanya sudah tertanam di Pondok – pondok pesantren pada umumnya sebagai kelemahan yang harus diantisipasi antara lain: pengelolaannya identik sangat sederhana, kurang mempunyai perencanaan atau manajemen yang rinci dan rasional, kurang terarahnya kurikulum, tidak adanya standar khusus untuk membedakan dengan model pendidikan lain, sarana dan prasarana masih terbatas, serta keyakinan yang telah berurat-berakar selama bertahun-tahun bahwa kyai adalah sosok yang maha mengetahui segalanya. 

Menurut Ramzy Naufal (1993:39), dalam hal manajemen umumnya pesantren lebih bercorak insidentil, tidak memiliki perencanaan strategis yang berorientasi ke masa depan. Kondisi demikian tersebut adalah sebagai kendala dan tantangan yang perlu untuk diperbaiki dan dicarikan pemecahannya secara bertahap dan terus meningkatkan mutu di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School sesuai perkembangan zaman dan tidak meninggalkan tradisi Pondok pesantren. 


Tetap bertolak pada al-muhafazhah ‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah, artinya: lembaga pendidikan Pondok pesantren berprinsip pada memelihara dan tidak meninggalkan tradisi lama yang masih baik dan mengambil perkembangan baru yang jauh lebih baik.

Secara menyeluruh penerapan fungsi-fungsi manajemen di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School dengan manajemen yang penerapannya dilakukan melalui program pendidikan yang berkolaborasi antaran Pondok pesantren dan pendidikan formal, maka wajib menekankan pada proses pengelolaan yang berkualitas dalam rangka upaya maksimal membentuk kader-kader ummat yang siap pakai, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, ber ahlaqul karimah, dan berpengetahuan luas baik agama ataupun umum. Output dan outcome mampu bersaing unggul di dalam ilmu agama dan juga unggul di dalam ilmu umum.

Pelaksanaan sistem Pendidikan di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School memadukan sistem Pondok Pesantren tradisional, sistem Pondok pesantren moderen dan sistem pendidikan Nasional. Santri yang akan masuk tersebut diseleksi secara ketat melalui proses seleksi akademik, kesehatan, tes psikologi, dan wawancara. Saat ini pelaksanaan program pendidikan di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School yang dikelola menjadi ciri khas SMP Darul Quran The Islamic Boarding School yang kelak akan menarik minat masyarakat luas untuk memilih Sekolah yang berbasis Pondok pesantren sekaligus dapat menghafal Al-Qur’an dalam melanjutkan pendidikan bagi anak-anak mereka.

Pelaksanaan program pendidikan di SMP Darul Quran The Islamic Boarding School ini di masa yang akan datang akan  mengalami perkembangan yang cepat dan maju, karena sejak awal berdiri sudah ditandai dengan respon masyarakat  yang positif dan kuat, melalui program-program pendidikannya yang terus mengalami perkembangan dan peningkatan.

Tingkat kemajuan yang akan dicapai tidak terlepas dari pengaruh usaha pengelolaan yang didasarkan pada penerapan fungsi-fungsi manajemen secara kreatif sejak dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengaktifan atau penggerakan, sampai dengan proses  pengawasan atau pengendalian.

Bila nanti SMP Darul Quran The Islamic Boarding School terus melakukan improvisasi dan restrukturisasi manajemen Sekolah berbasis Pondok pesantren, sebagaimana ideal konsep dan teori karakteristik Pendidikan efektif dengan pendekatan manajemen berbasis Pondok pesantren, selanjutnya SMP Darul Quran The Islamic Boarding School diharapkan memiliki karakteristik Sekolah berbasis Pondok pesantren yang efektif, yang mengedepankan fungsi pelayanan, mengedepankan mutu pendidikan, dan terbiasa dengan tradisi inovasi. Walaupun dalam penerapannya tidak seideal konsep dan teori-teori, sebab ada banyak kemungkinan yaitu faktor keterbatasan.


  1. KONDISI OBYEKTIF

  1. Tanah yang dimiliki

Keterangan Tanah :

a.  Status kepemilikan : Milik sendiri / Pinjam / Sewa / Hibah *)

b.  Luas tanah : 1.315 m2

c. Sertifikasi tanah : Sertifikat wakaf


Sumber tanah

Status kepemilikan

Sudah digunakan (m2)

Belum digunakan (m2)

Sudah sertifikat

Belum sertifikat

Pemerintah

Wakaf / Sumbangan

Pinjam / Sewa

2. Bangunan yang Ada


No

Jenis bangunan

Jml

Luas (m2)


Tahun

Bangunan


Permanen

Semi Permanen

B

Rr

Rb

B

Rr

Rb

1

Ruang Kelas


Ruang kelas VII

2

42

2015

v

Ruang kelas VIII

2

42

2015

v

Ruang kelas IX

2

42

2015

v

2

Lapangan olah raga

1

1500 

2015

v

3

Ruang OSIS/IMPARTIAL

1

21

2016

v

4

Ruang Kepala sekolah

1

42

2013

v

5

Ruang Wakil Kepala sekolah dan urusan

1

42

2015

v

6

Ruang guru

1

42

2015

v

7

Ruang Tata Usaha

1

42

2015

v

8

Laboratorium











Agama/Masjid

1

250

2015

v

Komputer dan multi media

2

42

2016

v

IPA

1

42

2015

v

9

Ruang ketrampilan

1

42

2016

v

10

Ruang UKS

1

20

2015

v

11

Ruang Aula

1

250

2016

v

12

Ruang BP / BK

1

20

2001

v

13

Ruang Komite sekolah

1

12

2016

v

14

Ruang Yayasan

1

12

2001

v

15

Ruang perpustakaan

1

42

2016

v

16

Rumah Dinas

2

200

2001

17

Kantin dan kantin

1

42

2015

v

18

Asrama

11

36

2012

v

19

Dapur

1

144

2016

v

20

Kamar mandi/WC 


Kamar mandi/WC Tahap 1

20

6

2013

v

Kamar mandi/WC Tahap 2

20

6

2015

v

Kamar mandi/WC Tahap 3

20

6

2016

v

21

Gudang bersih

1

6

2015

v

22

Gudang kotor

3

6

2016

v

Keterangan: 

B   = Baru

Rr  = Rencana Renovasi

Rb = Renovasi Baru


3. Fasilitas lainnya


a. Telepon : 1

b. Listrik : 20.500 watt

c. Internet : 2 Modem WiFi ( 1 Server )


4. Jumlah Personil


No

Status

Jumlah yang Ada

Jumlah

Laki – laki

Perempuan

1

Guru Tidak Tetap Yayasan

7

15

22

2

Tenaga Lainnya :





a. Tenaga administrasi 

3

1

4


b. Perpustakaan

0

1

1


c. Laboratorium

0

1

1


d. Teknisi 

2

0

2


  1. Tukang kebun / kebersihan

1

1

2


  1. Penjaga sekolah dan asrama

1

0

1


  1. Petugas kantin / dapur

0

4

4


  1. Petugas koperasi

0

1

1


  1. Ta’mir Masjid

1

0

1


  1. Musrifah Pendamping Bahasa 

0

4

4


  1. Musrifah Pendamping Kitab

3

1

4


Jumlah

18

29

47

Program Unggulan

Kelas Tahfidz

Para guru tahfidz memiliki kompetensi minimal ( Sanad ) yang Jelas.

Terdapat 3 jenis kelas tahfidz, diantaranya kelas Tahassus, kelas Tahfidz dan kelas Tahsin yang include kedalam KBM di jam ke 1-2.

Program Unggulan

Kelas Tahfidz

Para guru tahfidz memiliki kompetensi minimal ( Sanad ) yang Jelas.

Terdapat 3 jenis kelas tahfidz, diantaranya kelas Tahassus, kelas Tahfidz dan kelas Tahsin yang include kedalam KBM di jam ke 1-2.

[ld_course_list col=3 categoryselector="true" progress_bar="true" order="asc"]